TRC & VSC, fitur keselematan terkini berkendara lebih Aman!


Tidak hanya terus melakukan improvement akan kenyamanan dalam pengalaman menunggangi kendaraan untuk mencapai kepuasan para pelanggannya saja. mobil terbaru, kini juga terus fokus terhadap keselamatan pelanggannya.

Begitu juga halnya Toyota, hadirnya fitur keselamatan TRC (Traction Control System) dan VSC (Vehicle Stability Control) semakin menunjukan salah satu bentuk usaha dari Toyota untuk terus melakukan terbaik dalam pelayanannya.

Mungkin dari kita pernah mendengar, namun masih rada bingung. Nah, Kali ini kami akan mencoba untuk memaparkan apa itu TRC & VSC, fungsinya dan bagaimana cara kerjanya?

Mari kita mulai dengan pemaparan mengenai TSC.

TRC berfungsi untuk mencegah slip ketika akselerasi, TRC pada umumnya menggunakan sensor kecepatan pada poros roda untuk mendeteksi kecepatan kendaraan dan juga mendeteksi kecepatan kendaraan dan juga mendeteksi adanya slip antar roda dan jalan.

Apabila terdeteksi adanya slip maka TRC akan memastikan hanya sedikit putaran roda yang akan tersalur ke roda yang mengalami slip, dengan memperkecil putaran roda diharapkan gaya gesek antara ban dengan jalan dapat menggerakan laju mobil dan mencegah slip dengan jalan.

Input utama dari TRC adalah sensor kecepatan pada poros roda dan sensor inilah yang secara kontinyu memonitor kecepatan di setiap roda. Selanjutnya sensor ini akan mengerimkan data tersebut ke ABS(Anti-Lock Breaking System) dan TRC yang akan diolah di ECU (Electrical Control Unit) bila terdeteksi adanya slip, maka ABS akan mengatur system rem hidrolik yang ada di roda yang mengalami slip. Proses ini mengurangi kecepatan roda yang slip sehingga gaya gesek akan muncul kembali. Pada saat bersamaan, putaran dan torque akan dipindahkan ke roda yang berlawanan yang tidak slip sehingga menyebabkan roda yang slip ikut berpindah.

Berikut kami tunjukkan visualisasi dari system TRC tersebut.
Lalu, Bagaimana dengan VSC?

VSC berfungsi dalam menjaga kendaraan agar tetap stabil dan mengikuti jalurnya ketika menikung atau berpindah jalur. System ini akan secara otomatis membantu pengurangan tenaga ketika terjadi gejala kehilangan traksi pada salah satu roda sehingga pengemudi masih tetap bisa megontrol kendaraan secara aman.

“Fitur keselamatan ini bisa mencegah mobil mengalami understeer maupun oversteer ketika menikung karena umumnya traksi ban tidak semua sama ketika menikung, lebih lagi ketika jalanan licin atau berpasir” ujar Tommy Hermansyah, Departemen Product Knowledge PT. Toyota Astra Motor (TAM) pada Rabu, 29 Maret 2017 yang lalu.

Bahkan kabarnya, Malaysia mewajibkan seluruh kendaraan baru roda empat memiliki fitur kesalamatan ini.

Nah, begitulah paparan mengenai fitur kesalamatan TRC dan VSC semoga bermanfaat ya.

Credits By Anzon Learning Center

Referensi :

http://kamus-automotifzone.blogspot.co.id

http://youtube.com

http://otomotif.kompas.com

Warm Regards.
Joni Akhiong (Anzon Toyota)
Marketing Executive Anzon Toyota Pontianak.
Phone : 0852-4549-0892 (WA) / 0812-512-8853.
Bbm : D6DFBB81.

Share:

0 Comments

Back to top