Pengertian dan Fungsi Cruise Control pada Mobil Toyota

Cruise Control Pada Mobil Toyota merupakan teknologi canggih yang diterapkan pada mobil Toyota di seluruh dunia tidak terkecuali mobil Toyota yang dipasarkan di Indonesia. Bahkan fitur “cruise control” ini merupakan standar wajib yang ada pada mobil Toyota di luar negeri terutama pada mobil dengan jenis SUV dan MPV yang selalu digunakan dalam perjalanan jauh dan melewati jalanan yang tidak macet atau juga di jalan tol.

Semakin berkembang nya industri otomotif dunia maka semakin diciptakannya inovasi – inovasi fitur teknologi pada mobil khusus nya mobil Toyota yang memberikan kenyamanan bukan hanya untuk penumpang tetapi juga untuk pengemudi agar bisa memberikan rasa nyaman dan aman pada saat mengemudi dan melakukan perjalanan. Salah satu fitur untuk kenyamanan pemgemudi adalah fitur “Cruise Control”. Berikut akan saya jelaskan mengenai pengertian & cara kerja fitur “cruise control” pada Toyota.

Pengertian Fitur Cruise Control Pada Mobil Toyota


Cruise Control merupakan teknologi canggih pada sebuah kendaraan yang memberikan pengaturan untuk menstabilkan kecepatan kendaraan dalam kondisi perjalanan yang tidak macet atau biasanya digunakan dijalan tol. Sehingga fitur teknologi “cruise control” ini memungkinkan pengemudi tidak harus menekan pedal gas secara terus – menerus.

Fungsi Fitur Cruise Control Pada Mobil Toyota

Fungsi fitur “cruise control” adalah untuk pengemudi yang mengemudikan kendaraan pada lintasan panjang dan memakan waktu tempuh yang lama, sehingga kaki kanan pengemudi yang biasanya digunakan untuk menginjak gas bisa diistirahatkan dalam periode waktu tertentu. Selain itu fitur “cruise control” akan mejadikan konsumsi bahan bakar akan menjadi lebih irit dan efisien hal itu dikarenakan kendaraan berjalan dalam kecepatan yang konstan.

Cara Kerja Fitur Cruise Control Pada Mobil Toyota


Fitur “Cruise Control” merupakan fitur canggih yang ada pada mobil Toyota. Sistem kerja fitur ini adalah dengan menggunakan sensor / radar yang mendeteksi jarak dengan kendaraan di depan, mempersiapkan pengereman secara otomatis ketika jarak terlalu dekat dengan kendaraan di depan dan juga menambah kecepatan yang telah di tentukan pada saat jarak aman dengan kendaraan lain.

Fungsi “Cruise Control” sangat bermanfaat sekali dalam berkendara terutama untuk kenyamanan dalam mengemudi. Tetapi harus diingat fitur “Cruise Control” hanya bisa digunakan pada saat jalanan dengan rute yang panjang dan tidak macet bukan digunakan pada kondisi jalanan perkotaan. Selain bukan digunakan pada jalanan perkotaan, fitur “Cruise Control” juga dilarang diaktifkan pada kondisi lainnya seperti :

  1. Kondisi jalan yang memiliki banyak tanjakan tinggi dan panjang karena akan membuat kendaraan tidak kuat menanjak dengan kecepatan yang sudah diatur.
  2. Kondisi jalan yang memiliki banyak tikungan tajam karena kendaraan akan menikung dengan kecepatan tinggi yang sudah ditentukan dan akan mengakibatkan kemungkinan besar kecelakaan fatal.
  3. Kondisi jalan yang memiliki turunan curam dan licin akan mengakibatkan mobil tergelincir.

Itulah penjelasan mengenai pengertian, fungsi dan cara kerja cruise control pada mobil Toyota. Hampir semua mobil Toyota sudah dilengkapi dengan fitur “Cruise Control”, yang terbaru adalah digunakan pada Toyota Fortuner TRD Sportivo dan Toyota Voxy yang diluncurkan pada ajang GIIAS 2017.

Jika anda membutuhkan informasi lengkap mengenai spesifikasi fitur dan harga promo kendaraan Toyota seluruh wilayah Kalimantan Barat khususnya, silahkan menghubungi saya :

JONI AKHIONG
SALES EXECUTIVE ANZON TOYOTA
HP/WA : 0852-4549-0892
Web : www.anzontoyotapontianakid.com

Share:

0 Comments

Back to top